23.4.14

PIZZA DOUGH

Ampir semua orang suka pizza mulai dari yang tebal dengan isian yang segunung sampe yang agak tipis atau yang kulitnya pake isian.. yang jelas pizza itu bisa juga koq bikin sendiri dengan topping yang kita mau.. bikin pake cinta ya supaya rasanya lebih mantap...masak itu harus PD pokoknya!! :)

Bahan dough :
- 2sdt gula pasir
- 2 sdt ragi instant (merk fermipan dll)
- 200 ml air hangat
- 350 gr tepung protein tinggi (misalnya merk Cakra)
- 1 sdt garam
- 2 sdm minyak (canola atau zaitun is rekomen)

Caranya :

1. Aduk gula pasir dan ragi dengan air hangat (banget ya, gak boleh panas atau suhu ruang, anget nya kalau di ukur dengan ujung kelingking sudah gak ada rasa panasnya)

2. Diamkan di suhu ruang sampe keluar busa (tanda kalau ragi nya masih bagus), sekitar 10-15 mnt

3. Campur terigu dan garam dalam baskom, lalu buat lubang di tengahnya, tuang larutan ragi gula ke tengah lubang sambil di ulenin sampai kecampur menjadi adonan homogen lalu tambahkan minyak, aduk lagi sampai kalis.

3. Simpan dalam wadah yang di oles sedikit minyak dan tutup atasnya dengan plastik/lap basah spy adonan gak kering, lalu diamkan selama 1 jam.

4. Setelah sejam, pukul2 adonan untuk mengeluarkan udara dan uleni lagi lalu siap dibagi2 ke bbrp bagian menjadi dasar pizza.

Note :
- Bakar pizza cukup 10-15 menit dalam oven suhu 150-160 der C, lebih lama dari itu pizza dough nya akan keras dan kurang empuk.

- Adonan bisa dimasukin freezer, simpan di tempat kedap udara yang merk nya bagus, ketika akan di pake harus di keluarkan dari freezer selama 3-4 jam sebelum di olah, biarkan di suhu ruang supaya ragi bekerja lagi.



No comments: